Selasa, 24 Juli 2018

Beberapa Model Kamera DSLR
Bagi pencinta dunia fotografi tentunya sudah sangat tidak aneh lagi dengan yang namanya Kamera DSLR dan Mirrorless. Bagi fotografer yang gres berguru atau pemula, biasanya lebih menentukan kamera mirrorless alasannya ialah body kamera yang lebih ramping dan ringan dibanding kamera DSLR. Persamaan antara kamera DSLR dan Mirrorless ialah keduanya sama-sama membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini alasannya ialah kedua jenis kamera ini mempunyai komponen-komponen yang cukup sensitif dan gampang rusak kalau Anda tidak berhati-hati dalam perawatan ataupun penggunaan, terutama lubang mount kawasan lensa kamera dipasangkan. 

Nah bila Anda mempunyai salah satu atau keduanya, maka berikut akan saya bagikan Tips Praktis Merawat Kamera DSLR dan Mirrorlesss ibarat yang saya kutip dari Rumor Kamera, silahkan disimak :

Jauhkan Kamera DSLR dan Mirrorlesss dari Air
Jangan biarkan Kamera DSLR dan Mirrorlesss Anda menjadi berair kecuali kamera Anda benar-benar waterproof atau weather-sealed. Jika kamera Anda tidak tahan air, maka jauhkan kamera dari jangkauan air alasannya ialah air bisa merusak komponen yang ada di dalam kamera. Air menimbulkan keadaan di dalam internal kamera menjadi lembab, sehingga komponen internal kamera Anda bisa rusak.

Sediakan Tempat Penyimpanan yang Sesuai
Tempat penyimpanan kamera pun sebaiknya kering, sejuk, dan tidak lembab. Jika Anda mempunyai budget lebih, Anda bisa membeli dry box yang akan memudahkan Anda mengontrol tingkat kelembaban ruang penyimpanan. Terdapat pula alternatif lain yakni menggunkana silika gel untuk menyerap kelembaban yang pastiya kondusif dan lebih ekonomis untuk melindungi kamera DSLR atau mirrorless Anda.

Hindari Kamera DSLR dan Mirrorlesss dari Suhu Panas
Sebagai catatan, jangan meninggalkan kamera Anda di dalam kendaraan beroda empat terutama untuk waktu yang cukup lama. Seperti yang telah Anda ketahui pastinya, kamera DSLR dan mirrorless mempunyai rentang suhu aman. Meninggalkan kamera Anda di dalam kendaraan beroda empat sangat berisiko alasannya ialah panas di dalam kendaraan beroda empat bisa melebihi rentang suhu kamera. Akan lebih berisiko tentunya kalau kendaraan beroda empat Anda diparkir di kawasan yang terpapar panas Matahari secara langsung.

Jaga Kebersihan Lensa Kamera DSLR dan Mirrorlesss Anda
Lensa ialah salah satu cuilan penting pada kamera. Cara gampang merawat kamera DSLR dan mirrorless khususnya untuk cuilan lensa ialah membersihkan lensa dengan cairan pembersih khusus secara rutin. Adapun kesalahan yang sering dilakukan pemula yakni cairan pembersih disemprotkan pribadi ke lensa dan bukannya ke kain microfiber. Cairan pembersih seharusnya disemprotkan dulu ke kain microfiber gres selanjutnya diusapkan untuk membersihkan lensa sampai bersih. Alat pembersih lensa ada juga yang dalam bentuk pen/spidol, alat ini lebih simpel digunakan.

Waspadai Kamera DSLR dan Mirrorlesss dari Air Laut
Air bahari atau air garam mempunyai sifat korosif yang bisa menjadikan karat di dalam kamera ataupun lensa. Setelah jadwal memotret di bahari atau pantai Anda selesai, segera bersihkan kamera memakai lap yang dibasahi untuk menghilangkan sisa-sisa garam yang mungkin menempel. Setelah itu lanjutkan dengan mengelap kamera memakai kain yang kering dan berbahan lembut.

Perhatikan Perubahan Arus Listrik
Kamera mempunyai komputer di dalamnya. Hal ini berarti kamera Anda cukup rentan dengan adanya perubahan arus listrik secara tiba-tiba. Oleh alasannya ialah itu, kalau Anda ingin menghubungkan kamera Anda ke komputer pastikan Anda telah mematikan kamera terlebih dahulu sebelum melepas baterai dan memory card.

Sekian postingan singkat wacana Cara gampang merawat kamera DSLR dan mirrorless, semoga bermanfaat terutama bagi Anda Pencinta Fotografi

Sumber Artikel : rumorkamera.com

0 komentar:

Posting Komentar

Inilah Andrean Electronic: Data Pin Out Flyback

ANDREAN ELECTRONIC: DATA PIN OUT FLYBACK

 
close
Banner iklan   disini