Minggu, 22 Juli 2018

Salah Satu Model AC
Kondisi cuaca yang cukup panas akhir-akhirnya menciptakan sebahagian orang (tetangga-tetangga saya) beralih dari memakai kipas angin sebagai penyejuk ruangan ke AC yang tentunya secara harga juga lebih mahal. Nah pada postingan kali ini aku ingin menyebarkan Tips semoga AC bisa hemat energy dalam hal ini tentunya energy listrik semoga pemakaian AC tidak menciptakan Anda harus membayar ekstra tagihan listrik di rumah.

Berikut ini beberapa tips dan langkah yang sanggup kita terapkan untuk menghemat penggunaan AC ibarat yang aku kutip dari situs greenlifestyle, silahkan disimak :

Pilih AC hemat energi
AC harus bisa menyejukkan ruangan secara cepat. Dengan ukuran evaporator pendingin dan kipas yang lebih besar, maka akan lebih cepat mendinginkan ruangan secara alami dan seimbang.

Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan
Freon yaitu materi cair yang menghasilkan hambar dalam ACnya. Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan, ibarat freon hidrokarbon.

Tentukan Kapasitas AC (PK)
Sering terjadi, konsumen membeli AC dengan kapasitas (PK) yang lebih besar dari kebutuhanya, sehingga tidak efisien dan boros energi. Alhasil, tagihanya naik terruusssss! Maka, pilih kapasitas AC yang tepat, dengan contoh kapasitas berkisar antara 600 BTU/jam/m2.

Pakai timer semoga AC beroperasi hanya pada dikala dibutuhkan
Gimana rasanya dikala berdiri pagi dalam ruangan yang super hambar lantaran AC menyala terus semalaman? Badan niscaya terasa gak lezat kan?

AC tidak perlu digunakan sepanjang kita tidur. 
Sebaiknya hidupkan AC seperempat jam sebelum dikala tidur, dan timernya di set selama 1-2 jam mati otomatis. Kalau ACnya sudah mati, ruangnya akan tetap hambar selama beberapa jam kemudian. Untuk siang hari, usahakan mematikan AC, jikalau akan meninggalkan ruangan dalam waktu relatif lama.

Atur suhu AC dengan thermostat
Untuk kegiatan sehari-hari, atur suhu AC yang paling optimal dari sisi kenyamanan dan pemakaian energi (tidak lebih hambar dari 25 °C), yaitu 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan) . Ingat: setiap kenaikan temperatur 1°C sanggup menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5% (BPPT). Lumayan!

Bersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur, tiap 3 bulan
Dengan memelihara AC secara rutin, bisa menghemat listrik hingga dengan 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara lantaran bubuk yang menumpuk, mengakibatkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik.

Tutup Ruangan dari Sinar Matahari Langsung 
Gunakan epilog pada bab ruangan yang terkena sinar matahari langsung

Pastikan Pintu dan Ventilasi Tertutup Rapat
Usahakan pintu, jendela dan ventilasi udara selalu tertutup dikala AC menyala.

Gunakan Lampu yang sesuai
Gunakan lampu ruangan yang mempunyai temperatur kerja rendah.

Ganti AC yang sudah tua
Untuk alat AC yang telah berumur lebih dari 10 tahun, pemakaian energi akan lebih besar 30-50% dibandingkan dengan peralatan pendingin dengan teknologi baru.

Sekian postingan singkat wacana Tips Mudah Cara Hemat Penggunaan AC, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber Artikel : greenlifestyle.or.id

0 komentar:

Posting Komentar

Inilah Andrean Electronic: Data Pin Out Flyback

ANDREAN ELECTRONIC: DATA PIN OUT FLYBACK

 
close
Banner iklan   disini