Minggu, 10 Maret 2019

Mengenal Loudspeaker-Coba anda bayangkan memutar Dvd player tanpa ada suaranya?Sama saja bohong khan.
Hampir  sebagian besar peralatan elektronik membutuhkan komponen ini dari Televisi,Radio,Amplifier  dan lain-lain.Nah …kali ini aku mencoba menjelaskan apa sih loudspeaker itu?karena akan sangat berkhasiat apabila suatu ketika anda menciptakan proyek elektro audio.

Secara garis besar loudspeaker terdiri dari beberapa bab diantaranya:

Coba anda bayangkan memutar Dvd player tanpa ada suaranya Inilah  Mengenal Loudspeaker
loudspeaker woofer

1.Sebuah magnet tetap yang mempunyai gaya magnet sangat besar lengan berkuasa biasanya dibentuk dari alnico(campuran dari alumunium,nikel dan cobalt.
2.Kumparan(moving coil) berupa gulungan kawat email yang menempati ruang bebas pada celah magnet.
3.Kertas membran berbentuk kerucut.Diujung kerucut menempel kumparan dimana kedua ujung kawat masing-masing dilekatkan pada kerucut dan untuk terusan keluar disambungkan pada rangkanya dengan dilapisi isolator.
4.Rangka dari logam.
Sedangkan untuk ukurannya ada 3 macam ukuran,
1.Garis tengah kerucut diukur dengan satuan inch.Dipasaran tersedia loudspeaker dari  2 inch,4 inch,8 inch,10 inch,12 inch ,15 inch.
2.Daya listrik yang diharapkan loudspeaker diukur dengan satuan watt.
3.Impedansi loudspeaker diukur dengan satuan ohm.
Sebagai citra aku akan memperlihatkan pola apabila anda suatu ketika akan merakit speaker aktif dengan power 150 watt impedansi 8 ohm dan anda menginginkan besarnya 8 inch maka bila menginginkan suaranya anggun  anda harus membeli loudspeaker yang sesuai dengan kebutuhan.
Berdasarkan pemakaiannya loudspeaker sanggup dibedakan atas;
1.Woofer untuk nada-nada rendah(Bass)
2.Medium untuk nada nada menengah
3.Tweeter untuk nada-nada tinggi
Untuk mengetahui loudspeaker masih baik atau sudah rusak sanggup anda ketahui dengan menggunakan watu baterai ialah dengan cara menghubungkan masing masing terminal loudspeaker(memakai kabel) dengan watu baterai  coba anda gosok-gosokkan kabel penghubung dengan kutub baterai apabila terdengar bunyi ‘KREK” berarti masih baik bila tidak berarti loudspeaker sudah rusak.
Satu hal lagi ada sebuah alat yang biasa disebut head phone atau bila anda mempunyai handphone biasa nya bila mendengarkan musik menggunakan head set bergotong-royong termasuk loudspeaker juga hanya bentuknya saja yang berbeda dan biasanya mempunyai impedansi jauh lebih tinggi dari loudspeaker pada umumnya ialah sekitar 800 ohm hingga bebrapa kilo ohm.

Demikian gosip wacana Mengenal Loudspeaker Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Inilah Andrean Electronic: Data Pin Out Flyback

ANDREAN ELECTRONIC: DATA PIN OUT FLYBACK

 
close
Banner iklan   disini