Rabu, 20 Maret 2019

      
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana Tehnik Menyolder Yang Baik.Salah satu kemampuan yang wajib anda miliki dalam menekuni hobi elektronik ialah menyolder.Begitu pentingnya sehingga bisa dikatakan ujung tombak keberhasilan merakit rangkaian ialah menyolder.Agar mendapat hasil solderan yang manis sering2lah anda berlatih.Ada salah satu cara untuk melatih kemampuan anda dalam menyolder,ingin mencoba? Begini caranya:

 Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana  Inilah  Tehnik Menyolder Yang Baik
Solderan kurang sempurna
1.Siapkan kawat email ukuran sedang,bisa dibeli di kawasan service dinamo.
2.Amplas permukaan kawat hingga halus.
3.Bentangkan kawat diantara 2 tiang.
4.Solder seluruh permukaan kawat.
5.Hasil solderan yang manis ialah tertutupnya seluruh bab secara merata dan terlihat licin/mengkilap.
Gimana?mudah kan!anda niscaya bisa melakukannya.
Setelah bisa melewati tahap ini silahkan anda mencoba menyolder komponen.Anda bisa saja pribadi merakit rangkaian sederhana contohnya lampu flip flop.Namun apabila anda belum menguasi cara merakit rangkaian anda bisa mencoba menyolder resistor di PCB yang sudah ada lubangnya.Sengaja dipilih resistor untuk latihan alasannya harganya murah.Silahkan anda bereksperimen untuk menghasilkan solderan yang bagus.
         Anda sudah mencoba menyolder tapi akhirnya kurang memuaskan?bisa jadi solder yang anda miliki kurang maksimal atau caranya kurang tepat.Penjelasan dibawah ini mungkin bisa membantu.
1.Pemilihan solder.
   Pilih daya solder antara 30-40 watt alasannya ada komponen yang tidak tahan panas yang berlebihan contohnya transistor dan IC.
Pengalaman saya walaupun menggunakan solder yang nggak mahal tidak pernah hingga menciptakan komponen rusak,jadi tergantung caranya.Besi solder/Tip solder juga mempengaruhi hasil solderan.Pilih yang runcing untuk hasil terbaik.Gunakan solder hanya untuk menyolder komponen saja,jangan dipakai untuk menyolder/melubangi plastik alasannya akan menciptakan timah susah menempel.
2.Tata cara menyolder.
  -Pastikan besi solder dalam keadaan bersih,bila kotor bersihkan dengan sikat kawat.
  -Bersihkan bab yang akan disolder dengan amplas halus semoga timah gampang melekat.
  -Tempelkan ujung besi solder yang sudah panas pada kaki komponen yang akan disolder kemudian tempelkan timahnya sehabis cukup angkat timahnya menyusul soldernya.
  -Hasil solderan yang manis terlihat licin dan mengkilap

Sumber gambar;
http://www.kpsec.freeuk.com/images/joints.gif
 
3.Urutan menyolder komponen.
   Resistor-Kondensator-Transistor-IC.
4.Menguji solder.
   Anda bisa menggunakan multimeter untuk menguji keaadan solder,caranya sbb;
-Stel saklar multimeter pada posisi ohm meter.
-Stel jarum keangka 0
-Hubungkan colok multimeter ke steker AC solder.Apabila jarum menunjuk angka tertentu berarti masih bagus.Apabila jarum membisu berarti filamen solder putus.Apabila menunjuk angka 0 berarti ada kekerabatan singkat.
     Ok mudah2an klarifikasi saya mengenai Tehnik Menyolder Yang Baik bisa menambah wawasan anda!Apabila rekan2 blogger ada yang mau menambahkan ,Silahkan!Selamat menyolder!


0 komentar:

Posting Komentar

Inilah Andrean Electronic: Data Pin Out Flyback

ANDREAN ELECTRONIC: DATA PIN OUT FLYBACK

 
close
Banner iklan   disini