Senin, 25 Juni 2018

Kesetrum Listrik
Postingan sebelumnya saya sudah membahas Tips Cara Cerdas Memilih Casing Komputer, maka kali ini masih dengan tema yang sama saya ingin menyebarkan Tips Agar Tidak Kesetrum Saat Memegang Casing Komputer. Saya pernah mencicipi kesetrum ketika memegang casing ketika awal-awal dulu punya komputer rakitan. Mungkin diantara pembaca banyak juga pengguna komputer yang mengeluh kesetrum ketika menyentuh casing komputer. Padahal berdasarkan teori, power supply sudah menurunkan tegangan listrik pada casing dari 220 V menjadi 5 V dan 12 V. Jika hal ini terjadi, maka ada yang tidak beres dengan grounding electric pada casing tersebut atau memang grounding electric rumah anda yang bermasalah. 

Bagi Anda yang pernah punya pengalaman yang sama, berikut beberapa tips dan triks yang sanggup dilakukan untuk memastikan casing anda tidak “nyetrum” lagi, silahkan ikuti langkah berikut :
  1. Siapkan paku sepanjang 3 cm dan kabel sepanjang satu meter. Jika ada, gunakan kabel yang mempunyai inti tunggal, bukan kabel serabut. Kupas kedua ujung kabel sekitar 3 cm.
  2. Matikan komputer anda dan cabut steker dari colokan listrik di rumah anda.
  3. Kendurkan salah satu baut yang mempunyai fungsi untuk menahan power supply. Letaknya ada di belakang bersahabat kipas, umumnya di bab atas.
  4. Lilitkan salah satu sisi kabel ke tubuh baut yang anda kendurkan tadi kemudian pasang kembali baut tersebut dengan benar.
  5. Lilitkan ujung kabel satunya pada paku kemudian tancapkan pada dinding atau lantai rumah anda dengan palu.
Bila sudah melaksanakan langkah diatas dan kalau masih terasa hanya sedikit geli di tangan ketika dipegang, maka itu yaitu wajar. Caranya yaitu pegang dengan benar, sentuh dengan ketat jangan ada jarak maka tidak akan terasa geli lagi. 

Sekian postingan singkat perihal Tips Agar Tidak Kesetrum Saat Memegang Casing Komputer, supaya bermanfaat bagi Pembaca Blog Tips Elektronik sekalian

Sumber Artikel : belajar-komputer-mu.com

0 komentar:

Posting Komentar

Inilah Andrean Electronic: Data Pin Out Flyback

ANDREAN ELECTRONIC: DATA PIN OUT FLYBACK

 
close
Banner iklan   disini