Selasa, 18 September 2018

on
Bagi pengguna computer niscaya dan wajib mengenal yang namanya Harddisk atau biasa dialihbahasakan ke bahasa Indonesia dengan sebutan Cakram Keras. Namun pada penggunaannya istilah Cakram Keras kurang laris dimasyarakat, mereka lebih menyukai memakai bahasa orisinil yaitu Harddisk. Nah bagi Anda yang sudah usang mengenal bentuk Harddisk, tahukan bagaimana sejarah Harddisk ini? Nah berikut saya kutip eksklusif dari Wikipedia sejarah Harddisk yang mungkin perlu kita tahu, silahkan disimak postingan dibawah ini.

Harddisk atau Cakram keras ditemukan pada tahun 1956 sebagai media penyimpan data untuk perangkat pengolah transaksi IBM dan dibentuk untuk penggunaan umum pada komputer mainframe maupun komputer mini. IBM 350 RAMAC ialah Harddisk pertama yang mempunyai ukuran sebesar 2 kali lemari pendingin dan bisa menyimpan 5 juta 6-bit huruf (atau sama dengan 3,75 juta 8-bit bytes) dalam 50 cakram bertumpuk.

Pada tahun 1961 IBM memperkenalkan Harddisk model 1311 yang berukuran sebesar mesin basuh dan menyimpan 2 juta huruf pada sebuah paket cakram gampang bongkar. Pengguna sanggup membeli paket perhiasan dan menggantinya apabila diharapkan sebagaimana halnya pita magnetik. Paket cakram gampang bongkar model selanjutnya menjadi keharusan dalam kebanyakan instalasi komputer dan mencapai kapasitas 300 megabytes pada awal tahun 1980an.

Beberapa Harddisk (cakram keras) kinerja tinggi ibarat IBM 2305 dibentuk dengan satu pembaca-tulis (read and write head) di tiap alurnya untuk mengurangi kehilangan waktu dari pergerakan pembaca. Sistem pembaca-tulis tetap atau pembaca-tulis tiap alur ini harganya sangat mahal dan tidak diproduksi lagi.

Pada tahun 1973, IBM memperkenalkan Harddisk jenis gres dengan instruksi "Winchester". Perbedaan pokok dari jenis ini, pembaca-tulis tidak sepenuhnya membisu di susunan plat ketika cakram keras mati. Pembaca-tulis diletakan di kawasan khusus pada permukaan cakram ketika tidak berputar dan kembali ke posisi kerja ketika cakram keras dihidupkan lagi. Ini tidak mengecewakan banyak mengurangi biaya produksi motor penggagas lengan (actuator) mekanis pembaca-tulis, namun membatasi penggantian cakram ibarat pada paket cakram model sebelumnya. Bahkan, model pertama dari cakram berteknologi Winchester ini mempunyai kemudahan modul cakram gampang bongkar, termasuk paket cakram dan perakitan pembaca-tulis, meninggalkan motor penggagas pengan dalam cakram ketika pemindahan. Di lalu hari cakram Winchester tidak dipergunakan lagi dan kembali ke sistem plat cakram yang tidak gampang bongkar.

Seperti paket cakram gampang bongkar pertama, cakram Winchester jenis pertama memakai plat cakram berdiameter 14" atau 360 mm. Kemudian, desainer mencoba memperkecil ukuran plat untuk menambah keuntungan. Cakram tetap dibentuk memakai plat berukuran 8" sehingga cakram keras bisa berukuran 5 1/4" atau 130 mm dan sanggup dipasang pada dudukan pembaca disket. Yang terakhir ini ditujukan untuk pasar komputer pribadi (PC)

Awal tahun 1980an, Harddisk termasuk barang langka dan dianggap perangkat perhiasan yang sangat mahal pada komputer pribadi. Namun pada selesai 1980an, harganya bisa ditekan sehingga bisa menjadi perlengkapan standar pada komputer pribadi berharga murah.

Awal tahun 1980an kebanyakan Harddisk (cakram keras) digunakan pengguna selesai komputer pribadi sebagai perangkat luar untuk perhiasan subsistem. Subsistem ini tidak dijual atas nama pabrik cakram melainkan atas nama produsen subsistem semacam Corvus System atau Tallgrass Technologies. Bisa juga atas nama pabrikan personal komputer contohnya Apple ProFile. IBM PC/XT pada tahun 1983 sudah menyertakan cakram keras internal berukuran 10MB dan tak usang lalu cakram keras internal berkembang pada komputer pribadi

Harddisk atau Cakram keras luar tetap terkenal lebih usang pada Apple Macintosh. Setiap Mac buatan tahun 1986 hingga 1998 mempunyai sebuah port SCSI di bab belakang biar penambahan cakram luar lebih mudah. Masalahnya Compact Mac mustahil dipasang pada dudukan cakram keras ibarat pada kasus Mac Plus atau dudukan cakram keras umumnya. Makanya pada model tersebut, perhiasan cakram keras SCSI pemakaian luar menjadi pilihan yang masuk akal.

Mengikuti kepadatan media penyimpanan yang meningkat dua kali lipat setiap 2 hingga 4 tahun semenjak awal ditemukan, cakram keras terus berkembang karakteristiknya, dengan sedikit poin penting sebagai berikut :
  • Kapasitas per Harddisk bertambah dari 3,75 MB menjadi 4 TB atau lebih, meningkat jutaan kali lipat.
  • Ukuran fisik Harddisk berkurang dari 1,9 m3 (setara dengan dua buah lemari pendingin) menjadi kurang dari 20 mm
  • Berat berkurang dari 920 kg menjadi 48 gram.
  • Harga berkurang dari USD 15.000 per MB menjadi kurang dari USD 0.00006 per MB
  • Waktu jalan masuk rata-rata berkurang dari 100 millidetik menjadi 40 kali lebih cepat.
  • Aplikasi pasar berkembang dari komputer mainframe pada selesai tahun 1950 ke aneka macam aplikasi penyimpanan data termasuk konten hiburan.
Sumber Artikel : http://id.wikipedia.org/wiki/Harddisk

0 komentar:

Posting Komentar

Inilah Andrean Electronic: Data Pin Out Flyback

ANDREAN ELECTRONIC: DATA PIN OUT FLYBACK

 
close
Banner iklan   disini