Senin, 10 September 2018

on
Postingan aku sebelumnya membahas Tips Memlilih Powerbank Yang Baik maka kali ini aku akan menyebarkan Info sedikit ihwal Bagaimana Memilih Power Supply yang Baik. Meski diantara keduanya tidaklah berafiliasi namun ibarat ini perlu dikaitkan sebab sama-sama berbicara problem power (tenaga) yang sangat kita perlukan untuk bermacam-macam peralatan elektronik kita.


Dalam memilih psu atau power supply tidak lepas dari sebuah hardware yang sanggup dibeli, power supply apa pun yang digunakan dan  dicocokkan dengan komposisi hardware yang digunakan. Biasanya teman akan menciptakan sebuah pertimbangan yaitu:
Menggunakan hdd apa ?
Menggunakan prossesor apa ?
Menggunakan gpu apa ?
Menggunakan mainboard apa ?

Sebelum dikala lebih jauh lagi tidak salahnya kan kita pelajari spesifikasi dari power supply itu sendiri, pepatah katakan “jangan beli kucing dalam karung”. apa saja yang ada dalam power supply?


Komponen perangkat keras komputer membutuhkan sebuah arus searah pada tegangan spesifik untuk beroperasi dengan normal. tetapi kemampuan yang keluar dari soket yakni tegangan tinggi arus bolak balik. catu daya tegangan listrik ini memerlukan ac tinggi, umumnya baik 100v – 120v atau 200- 220v serta mengkonversinya ke dc dengan tegangan rendah yang dipasok ke bermacam-macam sebuah komponen hardware. ada tiga tegangan utama pada sebuah unit power supply yakni sediakan voltase +5 vsb rel. lengkapnya yaitu:
(lihat gambar)

Berikut beberapa Tips Cara Memilih Power Supply yang Baik ibarat yang aku kutip dari salah satu blog (lihat sumber dibawah postingan ini), silahkan disimak :


1. 12 volt
power supply pada masa dikala ini telah berikan voltase ini. perihal ini dikarenakan gpu serta cpu, rata-rata dua customer terbesar di computer mengunakan 12v.

2. 5 volt
5v digunakan untuk daya bermacam-macam komponen perangkat keras layaknya port usb, cd serta dvd drive, sebagian hard drive, serta floppy drive. 5v digunakan untuk jadi factor yang amat penting dalam power supply namun 12v dikala ini tambah lebih penting.

3. 3, 3 volt
3. 3v digunakan untuk daya sebagian komponen yang lebih kecil pada computer layaknya chip logika/chipset. umumnya dihasilkan dari turunan 5v, bermakna nilai keseluruhan kapasitas 3. 3v tambah lebih tinggi dari pada output konkret kalau 5v itu dipakai.

Efisiensi
Efisiensi yakni rasio pada output yang bermanfaat pada perangkat konversi daya serta input perumpamaan.. sesuatu computer mengonsumsi daya 250w yang terserap dari tembok( pln ) 300w.. lantas efisiensinya lebih kurang 83%.

Efisiensi sanggup merasa pada rekening tagihan listrik semakin tinggi efisiensi.. computer kalian sanggup menyerap daya yang lebih kecil
perumpamaan :

* psu 400w a efisiensi pada sebuah daya 200w yakni 75%
* psu 400w b efisiensi pada sebuah daya 200w yakni 83%


Efisiensi yakni berapakah daya yang di ambil dari tembok rumah kita ( ac ) untuk mengeluarkan sebuah jumlah output di psu ( dc ). langkah kalkulasi efisiensi yakni jumlah daya yang di pakai psu dibagi dengan persentase efisiensi, maka mari kita akan kalkulasi :
psu a 200w/75% = 266w
psu b 200w/83% = 240w
Lantas kesimpulannya psu b lebih hemat listrik, dikarenakan untuk output 200w daya listrik yang di ambil dari rumah kita yakni 240w, di mana psu a untuk output daya 200w memerlukan 266w.

Semoga postingan singkat Tips Cara Memilih Power Supply yang Baik sanggup menambah wawasan untuk teman semua dan agar bermanfaat

Sumber Artikel : http://www.it-newbie.com

0 komentar:

Posting Komentar

Inilah Andrean Electronic: Data Pin Out Flyback

ANDREAN ELECTRONIC: DATA PIN OUT FLYBACK

 
close
Banner iklan   disini